Selasa, 22 Oktober 2013

Syarat Menulis Artikel Blog SEO Friendly

Menulis artikel blog tetap membutuhkan pemahaman tersendiri, khususnya yang membuat blog bukan hanya untuk bersenang-senang saja. Karena cara penulisan dan cara posting akan berpengaruh pada hasil yang akan didapatkan (visitor). Perhatikan beberapa hal ini jika Anda ingin mulai menulis dan posting artikel:

  1. Pilihlah topik yang tepat. Hal ini tidak boleh dianggap remeh. Jadi intinya, untuk bisa mendapatkan topic yang paling banyak dicari oleh visitor, maka Anda harus mampu mengetahui apa yang sedang banyak dicari oleh visitor. Bukan berarti Anda tidak bisa menulis bidang atau niche yang Anda sukai, tetapi setidaknya pilihlah topic yang mempunyai nilai tertentu sehingga diinginkan oleh visitor. Dan akan lebih baik lagi jika topic yang Anda pilih merupakan ‘topik abadi’. Apa itu ‘topik abadi’? yang dimaksud dengan topic abadi adalah topic yang orisinal dan unik. Artinya, Anda memberikan solusi bagi suatu permasalahan yang memang hanya ada di website atau blog Anda (setidaknya dalam jangka waktu tertentu). Anda harus menawarkan apa yang orang lain tidak punya. Dengan begitu, visitor akan berdatangan dan bahkan mulai mem-bookmark website atau blog Anda.
  2. Lakukan analisis kompetisi. Menulis artikel blog tidak boleh terlalu concern dengan diri sendiri. Anda harus memperhatikan blog pesaing Anda, meliputi topic, niche atau tema, strategi artikel, peringkat SERP untuk artikel-artikelnya, dan lain sebagainya. Anda bisa menjadikan poin-poin tersebut sebagai petunjuk bagi website atau blog Anda. Tapi ingatlah bahwa ‘petunjuk’ bukanlah menjiplak. Anda tidak boleh copas artikel pesaing Anda.
  3. Lakukanlah pengecekan dan memprediksi trend. Cari tahu trend apa yang sedang hangat dibicarakan dan yang menjadi pusat perhatian. Jangan malas untuk melibatkan diri Anda di dalam foru, sosial media dan lain sebagainya. Misalnya Anda menulis tentang hypno-birthing yang mulai marak di Indonesia tetapi belum terlalu banyak yang memberi informasi tentang hal. Nah Anda bisa memulainya jika Anda prediksikan topic ini akan booming.
  4. Perhatikan kelayakan artikel, yaitu dengan memperhatikan SEO dan visitor. Kedua hal ini harus bersinergi dengan baik. Memang tidak dilarang untuk menulis blog apapun yang Anda inginkan, tetapi apakah topic yang Anda pilih akan menarik banyak visitor? Apakah topic yang Anda angkat sudah menjawab kebutuhan khalayak ramai? Dan apakah keyword yang Anda gunakan akan menjadi keyword yang penting di search engine?
  5. Menganalisis keyword yang Anda gunakan. Menulis artikel blog SEO friendly tidak sekedar curhat. Anda harus memikirkan keyword yang tepat. Dengan melakukan analisis, Anda akan menemukan kemampuan Anda dalam pengolahan dan menganalisis rangkaian kata yang paling diminati dan dicari oleh visitor. Analisis keyword ini akan membantu Anda untuk menentukan keyword secara efektif agar tidak hilang dalam persaingan di SERP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar