Kamis, 24 Oktober 2013

Teknik Mudah Optimasi SEO untuk Blogspot

Optimasi SEO untuk Blogspot berhubungan dengan pemilihan template untuk blog. Jadi, jika Anda memilih template secara asal-asalan, maka SEO blogspot milik Anda juga asal-asalan alias kacau balau. Dari sinilah Anda diwajibkan untuk memilih tenplate yang benar, yaitu tampilannya pas, tidak mencolok mata, cocok dengan tema yang Anda usung dan harus SEO friendly.

Untuk membantu Anda mendapatkan template SEO friendly, ini dia cara mudahnya:
  • Format page tittle. Agar format judul And alebih disukai Google yang akibatnya visitor juga naik, Anda harus mengubah format standar Judul Blog : Judul Posting menjadi Judul Posting | Judul Blog. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan mengedit di Edit HTML (klik tombol Ctrl+F pada keyboard) à <tittle><data:blog.pageTitle/></title>. Setelah ketemu kode tersebut, hapus dan ganti dengan kode à <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
    <title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
    <b:else/>
    <title><data:blog.pageTitle/></title>
    </b:if>
  • Meta keyword dan deskripsi. Optimasi SEO untuk Blogspot harus dilakukan dengan membuat blog Anda jelas tema serta isinya. Karena Google sangat menyukai blog dengan tema seperti ini. inilah fungsi dari meta tag yang harus Anda tambahkan sendiri. Caranya, sebelum kode à <b:skin><![CDATA[/*. Tambahkan kode baru ini à <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
        <meta name="description" content="DESKRIPSI BLOG ANDA" />
        <meta name="keywords" content="KATA KUNCI, KATA KUNCI, KATA KUNCI" />
        </b:if. Setelah selesai, save template.
  • Pasang Breadcrumbs. Yang dimaksud dengan Breadcrumbs adalah menu navigasi yang letaknya di atas artikel yang Anda posting.
  • Pasang related post. Related post ini sudah terbukti sangat bagus untuk SEO dan juga visitor. Caranya pun mudah yakni hanya dengan memasang hyperlink pada keyword yang Anda bidik ke artikel terkait. Sederhana dan nyata manfaatnya.
  • Matikan Blog Archive. Mengapa kita harus mematikan arsip blog (blog archive)? Karena Google sangat tidak menyukai duplicate content, maka Anda harus menon-aktifkan format ini. karena setiap kali Anda membuat posting 1 artikel per hari, maka homepage akan menampilkan 3 posting yang sama serta sebuah link dari archive. Jadi aka nada 2 link yang men-direct ke halaman yang sama. Hal ini tentu saja menjadi masalah serius bagi search engine. Cara untuk menon-aktifkan blog archive ini juga sangat mudah, yaitu à setting à archiving. Kemudian pilih di bagian Archiving Frequency menjadi No Archive. Sangat mudah bukan?
  • Tambahkan kode ‘Rel=Canocical’ untuk menghindari munculnya konten ganda. Caranya pun sangat mudah, yaitu hanya dengan edit HTML, kemudian setelah kode <head> tambahkan kode baru à <link expr:href='data:blog.url' rel='canonical' />. Kemudian save template Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar