Senin, 25 November 2013

Kunci Mengoptimalkan Google Analytics

Mengoptimalkan Google Analytics akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak visitor. Entah Anda membuat website untuk berbisnis/ berjualan atau hanya untuk mengarahkan visitor ke toko offline, Google Analytic tetap mempunyai peran yang penting. Tujuan-tujuan Anda berbisnis di dunia maya bisa Anda raih dengan bantuan Google Analytics. Tetapi masih banyak pengguna Google Analytic yang belum mengerti cara memaksimalkan tool yang satu ini. Jika Anda termasuks alah satunya, sebaiknya tidak menyia-nyiakan kunci dari advokat analytics di Google, Daniel Waisberg:

  1. Pentingnya mengukur matrik situs Anda. Karena dengan mengetahui apa yang disukai dan tidak sukai oleh visitor bisa membuat Anda lebih mudah meraih business goal. Karena artinya Anda sudah mampu memahami selera pasar.
  2. Perhatikan cara memulai Google Analytics. Mengoptimalkan Google Analytics artinya harus dimulai dengan mengenal tool ini terlebih dahulu, khususnya untuk Anda yang bahkan belum pernah menggunakannya. Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah, yaitu masuklah ke situs Google Analytic dan ‘create an account’ kemudian ikuti langkah-langkahnya. Selanjutnya, Anda akan diberikan potongan dari Google Analytic HTML yang harus Anda masukkan ke source code website Anda.
  3. Kenali goals di Google analytic. Goals di Google Analytics bisa juga disebut key website. Goals ini bisa Anda identifikasi setelah Anda menginstal tracking code Google Analytic. Fungsinya adalah untuk memperkirakan jenis konten yang sesuai dengan tren kunjungan yang sudah masuk. Tipe dasar Goals antara lain: duration (lama kunjungan di website Anda); destination (lokasi spesifik di website Anda); events (yang dilakukan visitor dengan website Anda); dan page screens per visit (page di website Anda yang dilihat visitor per kunjungan).
  4. Ketahui cara pengguna internet agar tahu website Anda. Caranya adalah dengan melihat laporan Google Analytics’ Keyword. Tool ini akan mengirimkan pada Anda keyword di search engine yang membawa visitor ke website Anda dan apakah SEM Anda efektif.
  5. Lacak kesuksesan Google Adsense Anda melalui Google Analytics.
  6. Ukur kesuksesan inisiasi Google AdWords Anda dengan Google Analytics.
  7. Tingkatkan penjualan e-commerce Anda dengan Google Analytics. Caranya adalah dengan memanfaatkan Google Analytics’ handy dengan fitur Goal Funnel.
  8. Manfaatkan Google Analytics’ Audience ntuk melihat daftar komplit device dan browser yang digunakan oleh visitor, meliputi operating system, web browsers dan device yang digunakan.
  9. Cari tahu di page mana visitor meninggalkan website Anda dengan fitur Google Analytics’ Exit Pages.
  10. Anda juga bisa share key data Google Analytics Anda dengan rekan, klien dan stakeholders. Mengoptimalkan Google Analytics yang satu ini bisa Anda jalankan dari email button yang terletak di atas chart Google Analytics.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar